5 Tips Hidup Sehat Ala Atlet Olimpiade

Setelah menyaksikan pertandingan Olimpiade, kita tentunya terkagum-kagum dengan tubuh para atlet yang begitu sehat dan bugar. Apa sih rahasia para atlet sehingga bisa selalu tampil prima? Berikut 5 tips yang bisa kamu ikuti agar bisa punya tubuh yang sehat dan bugar seperti para atlet.

Istirahat Berkualitas

Istirahat yang berkualitas merupakan hal yang vital bagi pemulihan tubuh. Tubuh memerlukan keseimbangan antara waktu beraktivitas dan beristirahat. Jika waktu tidur mulai terganggu, ini bisa jadi tanda bahwa pemulihan tubuh tidak seimbang.

Belajarlah untuk mulai mendengarkan apa yang disampaikan tubuh. Jangan terlalu sering memaksa tubuh saat sudah mengalami kelelahan. Jika kamu terlalu banyak bekerja dan sering mengalami kelelahan, cobalah sediakan lebih banyak waktu untuk memberi jatah bagi tubuh agar beristirahat.

Tidur yang singkat selama kurang lebih 20 menit di siang hari dapat membantu memulihkan energi dan membuatmu lebih berenergi. Pastikan untuk tidak langsung tidur setelah makan siang, beri jarak sekitar 2-3 jam setelah makan siang. Waktu yang ideal adalah sekitar jam 2-3 sore.

Beri jarak antara 3-4 jam dari waktu makan malam terakhir sebelum tidur di malam hari, beri jarak waktu kurang lebih 90 menit untuk camilan sebelum tidur. Hal ini agar usus dan kandung kemihmu tidak terlalu penuh saat tidur. Untuk mencegah terbangun di tengah malam, biasakan untuk buang air kecil 15 menit sebelum tidur.

Agar tidur lebih berkualitas, matikan lampu atau gunakan lampu yang redup agar memicu tubuh untuk memproduksi hormon tidur melatonin. Ini dapat membantu tubuh agar lebih rileks dan meredakan stres

Menjadi Manusia Pagi

Bangunlah sepagi mungkin yang kamu bisa, usahakan sebelum terbitnya matahari. Menghirup udara pagi yang masih sangat bersih dan segar tentu merupakan hal yang sangat baik bagi tubuh.

Jangan melewatkan sarapan pagi, karena sarapan merupakan fondasi awal yang sangat penting untuk kegiatan kita dalam sehari penuh. Hal ini untuk memastikan agar tubuh dalam kondisi yang prima dan siap tempur sejak pagi hari.

Tentukan menu sarapan dengan bijak, pilihlah makanan yang sehat sejak pagi hari agar tubuh memiliki bahan bakar yang sehat dan cukup untuk beraktivitas seharian. Sebaiknya konsumsi menu dengan gizi yang seimbang antara karbohidrat dan protein.

Jagalah Pola Makan

Perhatikan asupan gizi yang dikonsumsi dan penuhi kebutuhan kalori harian. Umumnya kebutuhan kalori harian untuk pria adalah 2.500 kalori dan untuk wanita adalah 2.000 kalori. Minumlah air putih yang cukup, kurang lebih 2 hingga 2,5 liter air per hari. Selain memperhatikan kebutuhan cairan dan kalori harian, yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi makanan utuh atau "whole foods".

Makanan utuh adalah makanan dari bahan pangan alami yang tidak mengalami proses teknologi pemurnian dan mengandung kandungan gizi yang terbaik bagi tubuh. Makanan utuh ini bukan makanan kemasan atau instan, tetapi makanan yang kita masak langsung dari bahan yang segar. Makanan yang dianjurkan umumnya adalah protein, biji-bijian utuh (whole grains), lemak sehat, buah-buahan dan sayuran.

Penuhi Kebutuhan Suplemen & Vitamin

Aktivitas dan kesibukan yang begitu padat membuat kondisi tubuh gampang menurun, ditambah lagi polusi yang buruk dan cuaca yang tidak menentu serta pengaruh stres. Untuk mempertahankan kondisi kesehatan yang prima, biasanya seorang atlet sudah dipilihkan suplemen dan vitamin untuk dikonsumsi dengan sangat teliti oleh para profesional.

Untuk menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh, kamu bisa tiru cara ini. Pilihlah kandungan multivitamin atau suplemen yang tepat sesuai kebutuhan. Vitamin C dan Zinc merupakan pilihan yang tepat bagi yang banyak beraktivitas di luar ruangan, sedangkan vitamin B kompleks dapat dipilih bagi yang rentan mengalami stres.

Rutin Berolahraga

Sudah bukan rahasia lagi bahwa aktivitas olahraga adalah kegiatan yang dilakukan sehari-hari oleh para atlet. Kebiasaan berolahraga ini dapat kamu ikuti untuk menjaga kebugaran dan performa tubuh.

Tidak perlu sampai mengikuti seluruh program pelatihan untuk atlet yang isinya olahraga berat dan intens. Cukup pilih saja aktivitas yang ringan seperti jalan kaki, berlari, bersepeda ataupun yoga.

Berolahraga minimal 30 menit setiap harinya dapat membantu kamu untuk mengelola stres dengan lebih baik. Luangkan waktu di pagi atau sore hari untuk kegiatan fisik ini agar kesehatan mental sekaligus fisik tetap terjaga.

Bebaskan Rasa Sakit Pada Tulang Dan Sendi Sekarang Juga Dengan YUSITU
PT. Digital Sukses Bersama
The Vida Building
Jalan Perjuangan 8, 7th floor, Kebon Jeruk, RT.1/RW.7, Kebon Jeruk, Jakarta, 11530
CS01: +62 813-8811-9985 | CS02: +62 813-9807-7781 | CS03: +62 822-1155-9939
All Rights Reserved. Copyright © 2021, Yusitu.net